Siapa Bilang Hidup Hemat Tidak Bisa Hidup Nikmat? Ikuti 5 Cara Mudah Menabung

SavingTips & TricksSiapa Bilang Hidup Hemat Tidak Bisa Hidup Nikmat? Ikuti 5 Cara Mudah Menabung

Siapa Bilang Hidup Hemat Tidak Bisa Hidup Nikmat? Ikuti 5 Cara Mudah Menabung

By: / Saving, Tips & Tricks / Comments Off on Siapa Bilang Hidup Hemat Tidak Bisa Hidup Nikmat? Ikuti 5 Cara Mudah Menabung

Ingin gaya tapi minim tabungan? Mau hemat tapi takut tidak nikmat? Solusinya ada di artikel 5 cara menabung ini.

Menghabiskan uang untuk hiburan memang lebih menyenangkan dibanding harus menabung. Terbukti dengan survei IDN Research Institute, persentase milenial Indonesia menghabiskan 8% pendapatan untuk hiburan dan hanya 10,7% untuk menabung. Walaupun persentase tabungan lebih besar, tapi alokasi pengeluaran milenial untuk hiburan lebih besar dibandingkan untuk asuransi (6,8%).

Mendengar kata menabung saja mungkin terdengar seram, membayangkan ribetnya membuat daftar keuangan, melewatkan momen dan berbagai macam hiburan karena uang tabungan tidak boleh disentuh atau bahkan terkesan miskin di depan teman.

Pikiran-pikiran negatif seperti itu harus dihilangkan kalau Anda niat terbebas dari beban finansial. Bebas secara finansial akan memberikan Anda ketenangan dan rasa lega, Anda tidak lagi stress karena memikirkan tidak mampu membayar tagihan dan cicilan. Menjadi mandiri secara finansial malah akan memberikan berbagai macam posibilitas untuk bersenang-senang.

Agar dapat bebas secara finansial tentunya dimulai dari niat dan usaha Anda sendiri dalam menghemat dan menabung. Jangan salah pikir, memiliki rencana tabungan tetap membuat Anda bisa menikmati hidup serta mengikuti tren gaya hidup lho. Jika Anda benar-benar ingin menikmati hidup tapi tetap hemat, ikuti 5 cara menabung berikut.

1.       Langganan Hiburan Online Paket Keluarga

Sekarang tawaran hiburan online semakin banyak dan menggiurkan. Aplikasi musik dan film memudahkan kita dalam menikmati hidup, menjadi penenang disibuknya aktivitas sehari-hari. Terlebih aplikasi hiburan tersebut tidak susah digunakan, dan kita tidak perlu ribet mengunduh file satu-satu atau membeli CD/DVD terlebih dahulu.

Jika Anda termasuk pengguna aplikasi musik dan film berbayar, Anda dapat menggunakan paket keluarga yang ditawarkan dengan mengajak teman atau anggota keluarga patungan. Jika biasanya mengeluarkan sekitar 150.000 rupiah per bulan untuk langganan media hiburan, dengan patungan bersama teman, Anda bisa menghemat sampai dengan setengah persen dengan kisaran harga langganan menjadi 60.000-70.000 rupiah per bulan. Lumayan banget kan kalau Anda tetap membutuhkan kenikmatan yang ditawarkan aplikasi hiburan ini.

Dengan berbagai macam tawaran dari aplikasi yang berbeda, Anda sebaiknya melakukan perbandingan terlebih dahulu sebelum berlangganan. Cermat mencari paket langganan yang lebih murah sesuai dengan kebutuhan Anda.

2.       Olahraga Online atau di Lingkungan Terbuka

Ingin punya body goals tidak selalu harus datang ke gym. Anda bisa mengunduh aplikasi olahraga online dan mengikuti workout plan yang telah disediakan. Cari aplikasi gratis sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang bulanan agar bisa berolahraga. Anda juga bisa menonton video olahraga dari Youtube, mencari referensi di Pinterest, dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti komunitas olahraga seperti komunitas lari, senam atau sepeda yang sering melakukan kegiatan olahraga bersama di lingkungan terbuka. Hidup sehat itu murah asalkan Anda pintar dalam memilih cara yang tepat.

3.       Beli Produk Umum

Keinginan untuk memiliki produk terbaik itu wajar, termasuk dalam membeli persediaan rumah. Tapi bukan berarti Anda harus selalu membeli produk yang paling mahal dengan mengira itu adalah produk yang paling bagus. Untuk beberapa produk seperti shampoo, popok bayi atau sekali-kali mencoba produk makanan yang lebih mahal itu tidak masalah, tapi untuk produk-produk lain seperti pembersih, persediaan dapur, obat umum dan yang lainnya, Anda bisa membeli produk yang lebih murah dan menghemat uang untuk keperluan lain yang lebih prioritas.

4.       Beli Barang Bekas Tidak Selalu Buruk

Thrift shopping sebetulnya bukanlah hal yang baru. Hanya saja dengan semakin marak akun jualan thrift shop di Instagram, masyarakat Indonesia jadi lebih mudah mencari baju-baju gaya lama yang sesuai dengan harga yang lebih murah. Disamping itu membeli barang bekas tidak hanya untuk pakaian saja, tidak semua kebutuhan harus berbau baru. Beberapa barang seperti kendaraan pribadi, stoller anak atau buku akan lebih menguntungkan bila membeli bekas. Anda dapat menemukan barang bermerek berkualitas tinggi dengan harga jauh yang lebih terjangkau.

5.       Kurangi Tagihan Telepon Seluler

Buat milenial, kebutuhan komunikasi memang penting. Milenial menghabiskan 6% pendapatannya untuk tagihan telepon. Sekarang ini paket telepon seluler tidak hanya paket untuk telepon dan sms, tetapi juga kebutuhan untuk paket internet. Biasanya kebutuhan internet lebih besar dibanding pulsa untuk telepon dan sms, di sini Anda harus cermat dalam memilih paket data yang sesuai. Anda bisa mengurangi paket untuk telepon dan sms agar paket internet bisa lebih besar.

Anda juga bisa membatasi pengeluaran maksimal untuk paket internet telepon seluler setiap bulannya. Sering menggunakan fasilitas wifi gratis yang ada. Tidak usah malu jika harus nanya password wifi di kafe atau restoran bila sedang nongkrong dengan teman dan keluarga. Anda tidak sendiri, teman Anda pasti juga ikutan nanya kok.

Mudah dan nikmat kan? Anda bisa tetap hidup hemat tanpa ketinggalan gaya. Semakin Anda terbiasa hidup hemat, Anda juga akan terbiasa dengan hidup yang lebih sederhana. Terkadang kita lebih sering mendahulukan ego dibanding menyadari kebutuhan sesungguhnya tidaklah sebanyak yang diinginkan. Selamat mencoba, dan kalau Anda punya cara lain menghemat agar bisa tetap gaya bisa juga lho saling berbagi di kolom komentar.

Image Courtesy of Michael Longmire/Unsplash



Cart Item Removed. Undo
  • No products in the cart.